Cara Melamar Kerja Via Pos Beserta Berkas yang Harus Disiapkan Terbaru 2020 - Lowonganpabrik.com

30 April 2020

Cara Melamar Kerja Via Pos Beserta Berkas yang Harus Disiapkan Terbaru 2020

Kantor Pos Indonesia
Cara Melamar Kerja Via Pos Beserta Berkas yang Harus Disiapkan Terbaru 2020 - Melamar kerja melewati atau via pos merupakan cara yang banyak digunakan oleh para pelamar kerja. Umumnya, tidak semua perusahaan atau pabrik membuka lowongan nya via website resmi mereka ataupun Jobstreet. Maka dari itu, melamar kerja via pos ini menjadi andalan para Jobseekers.

Jangan salah arti, mengirimkan lamaran via pos bukan berarti kita menggunakan jasa pos untuk menerima lamaran kerja kita. Akan tetapi kita mengirimkan berkas-berkas lamaran kerja melalui Kantor Pos Indonesia.

Apa Keuntungan Melamar Kerja Melalui Pos?

Keuntungan yang pertama adalah kita tidak perlu repot untuk datang langsung ke pabrik atau perusahaan yang ingin kita lamar. Namun cukup dari jauh saja (bahkan dari luar kota), kita dapat mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan tersebut.

Keuntungan kedua adalah Irit biaya. Tentu sangat irit. Kita bisa mengirimkan berkas lamaran ke beberapa perusahaan yang kita target dalam waktu secara bersamaan.

Dan yang terakhir adalah, HRD perusahaan tujuan kita bisa melihat berkas lamarannya langsung. Mulai dari CV, data diri kita hingga berkas-berkas pendukung lainnya. Sehingga kemungkinan lamaran kita terbaca akan lebih tinggi, dan kemungkinan diterima akan lebih besar.

Apakah Harus Melalui Kantor Pos Indonesia?

Tidak, kamu tidak harus ke Kantor Pos untuk mengirimkan berkas lamaranmu, namun bisa disemua jasa ekspedisi pengiriman, seperti JNE, TIKI, J&T, Ninja Express, Wahana dan lainnya. Lalu mengapa kok sering disebut nya melamar via pos? Karena melamar via pos cenerung lebih mudah, pengiriman cepat sampai, dan biaya pengiriman relatif lebih murah dibandingkan jasa ekspedisi yang lainnya.

Berkas Apa Saja yang Harus Disiapkan Untuk Melamar Via Pos?

Tidak banyak, tenang saja karena mengirim lamaran kerja via pos tidaklah ribet dan hanya perlu persiapan sebentar saja. Siapkan berikut ini :

1. Amplop warna cokelat seukuran kertas HVS dan lem kertas.

2. Print CV terbaru. Cukup 1 lembar yang mendeskripsikan latar belakang pendidikan & pengalaman kerjamu.

3. Fotocopy E-KTP 1 lembar.

4. Pas foto berwarna sebanyak 1 lembar, berukuran 4x6 cm atau 3x4 cm. Jangan gunakan ukuran 2x3 karena akan terlalu kecil.

5. Fotocopy ijazah terakhir sebanyak 1 lembar. Akan lebih baik jika fotocopy itu sudah dilegalisir di kampus atau sekolahmu.

6. Fotocopy transkrip nilai 1x. Lebih baik jika sudah dilegalisir juga.

(jika ijazah/transkrip nilai tidak ada atau belum keluar, kamu dapat menggunakan fotocopy nilai raport di 2 semester terakhir, yaitu semester ganjil dan genap)

7. Selesai, masukkan 6 berkas diatas ke dalam amplop cokelat milikmu
Penting : 6 Berkas diatas adalah WAJIB dicetak dan dilampirkan ke dalam amplop lamaran kerja

Jika ada, tambahkan berkas berikut sebagai pendukung. Namun ini TIDAK WAJIB ADA. Hanya akan lebih baik jika kamu menyiapkan nya dalam berkas lamaran :

1. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kriminal) yang masih berlaku. Untuk membuat SKCK harus di Polres terdekat

2. Surat keterangan sehat yang masih berlaku dari dokter.

3. Sertifikat keahlian. Jika kamu memiliki sertifikat ini dari lembaga atau pelatihan khusus, lampirkan dalam berkas lamaran.

4. Portofolio. Rangkuman proyek atau karya yang pernah kamu kerjakan, misalnya kamu pernah membuat video graphic iklan suatu produk, atau membuat website, membuat program, bahkan membuat karya seni, ataupun juga bisa foto dirimu ketika menjadi Panitia dalam sebuah acara besar. Intinya yang menunjukkan pengalaman dirimu pernah mengerjakan sesuatu.

5. Kartu Kuning. Kartu kuning merupakan kartu tanda pencari kerja yang sering disebut sebagai kartu AK1. Kartu ini berisi beberapa informasi mengenai pemiliknya seperti nama, nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP, data kelulusan, hingga sekolah maupun universitas tempat pencari kerja mendapatkan gelarnya. Cara membuat kartu kuning terbilang cukup mudah, Anda bisa datang langsung ke kantor dinas tenaga kerja daerah asal masing-masing. (sumber: karyaone.co.id)

6. Paklaring. Paklaring, yang kadang disebut juga surat rekomendasi dan surat referensi, atau surat pengalaman kerja, adalah surat yang diberikan oleh perusahaan kepada seorang mantan karyawan, yang berisi keterangan bahwa orang tersebut pernah bekerja mulai dari tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, kemudian telah resmi berhenti bekerja pada tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, dengan mencantumkan posisi atau jabatan-jabatan yang pernah dipegang, terkadang dilengkapi dengan predikat prestasi-prestasi dan pencapaian-pencapaian yang diperoleh selama bekerja. (sumber: jangannganggur.blogspot.com)

Bagaimana Penulisan Di Kertas Amplop?

Cukup tuliskan Nama dan Alamat lengkapmu beserta nomor hp di sebelah pojok kiri atas. Lalu tulis Posisi yang dilamar di kanan atas, dan nama serta alamat lengkap perusahaan di sebelah kanan bawah. Cek contoh di bawah ini :

Sumber: majalah-historia.com

Demikian tips Cara Melamar Kerja Via Pos Beserta Berkas yang Harus Disiapkan Terbaru 2020, semoga bisa bermanfaat untuk semua orang dan jangan lupa bagiakan situs atau artikel ini agar orang lain tahu apa yang kamu tahu juga.

Sukses selalu dan jangan pantang menyerah.


🔥 Semoga beruntung!
Jika belum kunjung dipanggil juga, tenang jangan sedih, yuk diskusi sama banyak temen di sini:
- Group WA : Klik Disini
- Group FB : Klik Disini
- Group Telegram : Klik Disini

Informasi Lain